Press "Enter" to skip to content

Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menjanjikan

Apakah kalian tau apa itu bambu? Bambu merupakan sebuah tanaman jenis rumput rumputan yang memiliki rongga dengan ruas pada bagian batangnya. Bambu juga dikenal sebagai tanaman dengan pertumbuhan yang begitu cepat. Jika kalian tahu, dalam sehari bambu dapat tumbuh hingga setinggi 91 cm atau rata-rata hampir 4 cm dalam waktu satu jam. Terdapat banyak jenis bambu dan diketahui ada sekitar 1250 jenis didunia, yang mana sebanyak 11 % dari jenis bambu tersebut merupakan spesies asli di Indonesia. Ada banyak sebutan bambu di masyarakat Indonesia, ada yang menyebutnya dengan sebutan pring, buluh, aur dan eru. Bambu sangat mudah di temukan di Indonesia, karena bambu mudah ditemukan di daerah yang tropik.

Bambu memiliki banyak kegunaan dalam berbagai bidang dari bangunan, perabotan, alat pertanian, alat musik bahkan bambu yang masih muda dapat dijadikan sebagi menu makanan. Dengan kreativitas yang tinggai tentu dapat mengubah bambu menjadi sebuah barang yang lebih berguna dan bernilai tinggi.

Saat ini kerajinan dari bahan bambu sedang menjadi trend. Ada banyak jenis pernak-pernik atau hiasan yang terbuat dari kerajinan bambu. Selain harganya yang mudah dijangkau, kerajinan dari bambu juga memberikan kesan yang klasik. Kerajinan bambu bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menarik. Apalagi dengan bentuk bambu yang unik dapat diubah menjadi berbagai benda yang usefull dan bernilai artistik. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan keseluruhan bagian dari bambu mulai dari akar hingga batangnya. Oleh karena itu, kerajinan bambu kalian jadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menarik dimana harga bambu juga tergolong murah.

Sebelum kalian memulai usaha dengan membuat kerajinan dari bambu, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih bambu, diantara adalah:

  1. Pilihlah bambu yang tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua. Sebab apabila bambu yang kalian pilih terlalu tua maka akan sulit dibentuk dan bambu yang terlalu muda memiliki serat yang tajam.
  2. Pilihlah bambu yang memiliki ruas sejajar dan panjang
  3. Jika kalian membeli bambu maka pilihlah bambu yang ditempat di tempat sejuk dan tegakkan selama 5-6 hari.

Lalu apa sajakah contoh kerajinan bambu yang dapat kalian jadikan sebagi peluang bisnis? Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinin bambu yang bisa kalian coba.

  1. Lampu hias

Lampu hias dari bambu memiliki standard seni yang cukup tinggi. Ada banyak orang yang memilih lampu hias dari bambu untuk menambahkah kesan klasik desain ruangan atau rumah mereka. Jika kalian ingin membuat lampu hias dari bambu, kalian bisa belajar dari  buku, orang yang sudah berpengalaman, atau kalian dapat menggunakan internet untuk melihat model lampu hias dan cara membuatnya di youtube maupun google. Kalian juga bisa memasarkan lampu hias yang kalian buat secara online ataupun offline. Dengan ketekunan dan kreativitas yang tinggi dijamin kalian akan sukses besar.

Kalian dapat membaca cerita inspirasi “Roni Dwi, Raup Jutaan Rupiah Dari Potongan Bambu” yang merupakan pengusaha sukses lampu hias.

Berikut ini merupakan cara membuat kerajinan lampu hias dari bambu :

Bahan:

  • Bambu dengan diameter 10cm
  • Lampu 5 watt
  • Kabel secukupnya
  • Cat
  • Cat poxy clear
  • Semen

Cara:

  1. Pilihlah bambu yang cukup kering, dengan diameter kurang lebih 10cm, lalu potong bambu dengan panjang kurang lebih 1,5 meter.
  2. Amplas seluruh permukaannya dan tambahkan cat atau plitur agar permukaan bambu tersebut menjadi halus dan mengkilap. Tunggu sampai benar-benar kering.
  3. Pilihlah salah satu ruas yang akan dijadikan dudukan lampu hias. Jangan lupa pastikan bahwa ruas dudukan tetap utuh dan ruas lainnya digergaji sebagian.
  4. Amplaslah ruas yang telah digergaji agar terlihat lebih rapi dan bersih dari serbuk bambu.
  5. Berilah lubang pada bagian tengah bambu untuk saluran kabel.
  6. Gunakan semen dan dicetak menggunakan ember kecil dengan ketebalan semen antara 7-10 cm untuk membuat dudukan.
  7. Agar terlihat lebih cantik, kalian dapat menambahkan ukiran pada bambu.
  8. Cat ulang menggunakan cat poxy clear agar bambu terlihat semakin mengkilap.
  9. Terakhir, lengkapilah dengan kabel dan lampu.
  10. Kerajinan lampu hias dari bambu siap dipasarkan.
  1. Dekorasi ruang

Dekorasi ruangan yang terbuat dari bahan bambu merupakan salah satu kreatifitas kerajinan dari bambu yang sedang naik daun. Jika kalian lihat ada banyak rumah makan besar yang menggunakan dekorasi dari bambu sebagai dekorasi ruangannya. Jika kalian memiliki kemampuan ataupun kreativitas dalam membuat dekorasi dari bambu, maka bisnis ini dapat menjadi peluang besar bagi kalian.

  1. Perabotan rumah tangga

Memiliki perabotan rumah tangga yang terbuat dari bambu dan bahan lain jelas akan memberikan kesan yangberbeda. Bagi mereka yang memiliki perabot rumah tangga yang terbuat dari bambu pasti memiliki kesan yang unik, kalem serta nyaman. Bagi kalian yang mampu untuk mengolah bambu menjadi kursi atau meja maka kerajinan ini cocok untuk kalian tekuni sebagai sebuah bisnis. Selain tingkat kerumitan masih di bawah lampu hias, kursi dan meja bambu ini juga dapat di jual dengan harga yang cukup tinggi.

  1. Hiasan dinding rumah

Mempercantik interior rumah akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Ada berbagai macam hiasan dinding yang salah satunya yaitu hiasan dinding dari bambu. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang menggunakan kerajinan dari bambu sebagai hiasan dinding mereka. Jika kalian memiliki kemampuan dalam membuat hiasan dinding dari bambu, maka kalian bisa mencoba bisnis ini karena akan memberikan harga jual yang tinggi dengan modal yang tidak cukup banyak pula.

  1. Kerajinan akar bambu

Apakah kalian pernah mengunjungi kota Klaten dan melihat kerajinan yang terbuat dari akar bambu? Kerajinan tersebut juga telah dipasarkan didalam maupun diluar negeri dengan harga yang cukup fantastis. Bebek bambu yang berasal dari daerah klaten telah menjadi salah satu komoditi ekspor mancanegara.

Kelebihan bisnis kerajinan bambu

Selain permintaan pasar yang masih terus melonjak, keuntungan yang akan kita miliki jika mengawali usaha kerajinan bambu cukuplah banyak, yang pertama yaitu tidak sulit memperoleh bambu, oleh sebab itu menjalankan bisnis kerajinan bambu juga dapat dibilang sangat menguntungkan. Melimpahnya potensi bambu di alam Indonesia secara tidak langsung dapat memberikan keuntungan besar bagi kalian yang menjalankan bisnis ini, karena harga jual bambu di pasaran masih sangat rendah dan bahkan saat ini ada sebagian pengrajin yang sudah membudidayakan bambu di pekarangan rumahnya. Sehingga hal tersebut dapat menekan modal usaha yang dikeluarkan.

Keuntungan yang kedua dari bisnis kerajinan bambu yaitu produksi aneka kerajinan bambu merupakan salah satu peluang bisnis yang ramah lingkungan sebab limbah bambu tidak akan memberikan berdampak buruk bagi lingkungan dan tidak akan memicu adanya global warming yang mana secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap minat para konsumen. Jadi kini mereka akan lebih tertarik menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.

Kekurangan Bisnis

Kekurangan yang ada pada bisnis kerajinan bambu ini yaitu sulit untuk mendapatkan bambu yang memiliki kualitas bagus, baik itu dari segi ukuran ataupun dari jenis bambu yang sedang dibutuhkan. Selain itu, para pengerajin juga masih mengalami kesulitan untuk mencegah tumbuhnya jamur dan adanya rayap yang dapat merusak produk kerajinan bambu. Oleh karena itu dibutuhkan kerajasama dengan pemasok bambu agar persediaan bahan baku yang kalian perlukan selalu terjaga. Sedangkan untuk mencegah hama dan penyakit, kalian dapat mencantumkan cara perawatan dan pemeliharaannya di setiap produk kerajinan yang akan dijual. Jadi, konsumen tidak akan ragu lagi untuk membeli produk-produk yang kalian tawarkan.

Itulah tadi beberapa informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga artikel contoh peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan ini dapat memberikan manfaat dan pandangan bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis kerajinan bambu sebagai bisnis rumahan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *